Wikia

Dragon Ball Wiki

Utama

15pages on
this wiki
Bicara0
Wiki-wordmark.png

Selamat datang di Dragon Ball Wiki!
Kami saat ini menyunting sebanyak 494 kali dengan 15 suntingan pada artikel dan 100 suntingan pada berkas serta Anda dapat membantu!

PengurusBantuanKategoriPermintaanPortal

Diperingatkan bahwa wiki ini diisi dengan SPOILER tentang Dragon Ball. Ini hanya peringatan, baca resiko Anda sendiri!

Z Ball PNG.png Ikhtisar

Gokusteppingoutofaspaceship.jpg

Dragon Ball (ドラゴンボール Doragon Bōru) adalah serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Akira Toriyama. Awalnya serial di Weekly Shonen Jump 1984-1995, dengan 519 masing-masing bab diterbitkan dalam 42 volume tankōbon oleh Shueisha. Dragon Ball awalnya terinspirasi oleh novel klasik Cina Journey to the West. Seri mengikuti petualangan protagonis, Songoku, dari masa kecilnya sampai dewasa saat ia melatih dalam seni bela diri dan mengeksplorasi dunia dalam mencari tujuh bola dikenal sebagai Bola Naga, yang memanggil keinginan-pemberian naga saat berkumpul. Seiring perjalanannya, Goku membuat beberapa teman dan pertempuran berbagai penjahat, banyak dari mereka juga mencari Bola Naga.

42 buku manganya telah diadaptasi menjadi dua seri anime yang diproduksi oleh Toei Animation: Dragon Ball dan Dragon Ball Z, yang bersama-sama disiarkan di Jepang dari tahun 1986 sampai 1996 Selain itu, Toei telah mengembangkan delapan belas film animasi dan tiga spesial televisi, serta sekuel anime berjudul Dragon Ball GT, yang terjadi setelah peristiwa manga. Dari 2009 hingga 2011, Toei menyiarkan revisi, versi serba cepat Dragon Ball Z dengan judul Dragon Ball Kai, di mana sebagian besar rekaman versi asli tidak ditampilkan dalam manga dihapus. Beberapa perusahaan telah mengembangkan berbagai jenis waralaba berdasarkan seri mengarah ke media waralaba besar yang mencakup film, baik berbagai animasi action figure dan live-action, koleksi permainan kartu perdagangan, bersama dengan beberapa koleksi soundtrack dan sejumlah besar video game.

Seri manga ini dilisensikan untuk rilis bahasa Inggris di Amerika Utara oleh Viz Media, di Inggris oleh Gollancz Manga, Australia dan Selandia Baru oleh Madman Entertainment, dan Indonesia oleh Elex Media Komputindo. Seluruh seri anime telah dilisensi oleh Funimation Entertainment untuk rilis bahasa Inggris di Amerika Serikat, meskipun seri tidak selalu dijuluki oleh studio yang sama. Ada banyak film waralaba termasuk film pertama adaptasi live-action diproduksi pada tahun 1989 di Taiwan. Pada tahun 2002, 20th Century Fox memperoleh hak untuk memproduksi sebuah film live-action buatan Amerika berjudul Dragon Ball Evolution yang mendapat sambutan negatif dari kritikus dan fans; Film ini dirilis pada tanggal 10 April 2009 di Amerika Serikat.

Sejak dirilis, Dragon Ball telah menjadi salah satu yang paling sukses manga dan anime seri sepanjang masa. Manga 42 volume telah terjual lebih dari 156 juta kopi di Jepang dan lebih dari 230 juta kopi di seluruh dunia, menjadikannya terlaris manga kedua dalam sejarah. Reviewer telah memuji seni, karakterisasi, dan humor dari cerita. Hal ini secara luas dianggap sebagai salah satu seri manga terbesar yang pernah dibuat, dengan banyak seniman manga Eiichiro Oda seperti (One Piece), Masashi Kishimoto (Naruto), Tite Kubo (Bleach), Hiro Mashima (Rave Master, Fairy Tail) dan Kentaro Yabuki (Black Cat) mengutip Dragon Ball sebagai sumber inspirasi bagi karya sendiri sekarang populer mereka. Anime, terutama Dragon Ball Z, juga sangat populer di berbagai negara dan bisa dibilang salah satu yang paling berpengaruh dalam meningkatkan popularitas animasi Jepang di budaya Barat.

Seri ini dimulai dengan seorang anak monyet berekor bernama Songoku berteman seorang gadis remaja bernama Burma, yang ia menyertai menemukan tujuh Bola Naga (ドラゴンボー ル Doragon Boru), Yang memanggil naga Shenron untuk memberikan pengguna satu keinginan. Perjalanan membawa mereka ke padang gurun Bandit Yamucha, yang kemudian menjadi sekutu; Chi-Chi, yang Goku sadar setuju untuk menikah; dan Pirafu, seorang pria nakal yang mencari Bola Naga untuk memenuhi keinginannya untuk menguasai dunia. Goku kemudian mengalami rezim latihan keras di bawah master seni bela diri Kamensenin untuk bertarung di Tenkaichi Budokai (天下一武道会, "Terkuat Di bawah Turnamen Surga Seni Bela Diri"). Seorang biarawan bernama Kuririn menjadi mitra pelatihan dan saingan, tetapi mereka segera menjadi teman terbaik. Setelah turnamen, Goku pencarian untuk Dragon Ball Kakek meninggalkan dia dan hampir seorang diri mengalahkan Tentara Berpita Merah dan pembunuh mereka menyewa Taopaipai. Setelah itu Goku reuni dengan teman-temannya untuk mengalahkan peramal pejuang Baba Uranai dan memiliki dia menemukan Dragon Ball terakhir untuk menghidupkan kembali teman dibunuh oleh Taopaipai.

Pada Tenkaichi Budokai tiga tahun kemudian Goku dan sekutu-sekutunya menentang saingan Kamensenin dan saudara Taopaipai ini, Tsurusenin, dan murid-muridnya Tenshinhan dan Chaozu. Kuririn tewas setelah turnamen dan Goku melacak dan dikalahkan oleh pembunuhnya, Raja Pikkoro. Samurai Yajirobe membawa Goku ke pertapa Karin, di mana ia menerima penyembuhan dan meningkatkan kekuatan. Sementara itu Piccolo perkelahian Kame-Sen'nin dan Chaozu, menyebabkan kedua kematian mereka, dan menggunakan Bola Naga untuk mendapatkan kembali masa mudanya sebelum menghancurkan Shenlong. Goku kemudian membunuh Piccolo Daimao, yang, sebelum meninggal, menumbuhkan anaknya/reinkarnasi Pikkoro, Jr.. Karin kemudian mengarahkan Goku ke Kami-sama, pencipta asli dari Bola Naga, untuk mengembalikan Shenlong dan menghidupkan kembali teman-temannya dibunuh. Goku melatih di bawah Kami untuk tiga tahun ke depan, sekali lagi bersatu kembali dengan teman-temannya di Tenkaichi Budokai, di mana ia nyaris menang melawan Piccolo, Jr. sebelum meninggalkan dengan Chi-Chi memenuhi janjinya untuk menikahinya.

Lima tahun kemudian, Goku adalah dewasa muda dan ayah kepada anaknya Gohan, ketika Raditz tiba di Bumi, mengidentifikasi Goku sebagai adiknya "Kakarrot" dan mengungkapkan kepadanya bahwa mereka adalah anggota dari ras luar angkasa hampir punah disebut Saiya (サイヤ人 Saiya-jin), yang mengutus Goku untuk menaklukkan bumi bagi mereka, sampai ia menderita cedera kepala parah dan kehilangan semua memori misinya. Goku menolak untuk melanjutkan misi, sisi dengan Piccolo, dan mengorbankan hidupnya untuk mengalahkan Raditz. Di akhirat Goku kereta bawah Kaioo sampai ia dihidupkan kembali oleh Bola Naga untuk menyelamatkan bumi dari Nappa dan Bezita. Dalam pertempuran Yamucha, Chaoz, Tenshinhan, dan Pikkoro dibunuh, dan Bola Naga tidak ada lagi. Kuririn dan tiran galaksi Freeza belajar dari satu set Dragon Balls di planet Namek (ナメック星 Namekku-sei), Dimana Bulma, Gohan, dan Kuririn mencari mereka untuk menghidupkan kembali teman-teman mereka dan kemudian bumi Bola Naga, menyebabkan beberapa pertempuran dengan pelayan Freeza dan Vegeta, berdiri kedua bersama para pahlawan untuk melawan Pasukan Ginyu, tim tentara bayaran. Pertempuran panjang dengan Freeza sendiri datang ke dekat ketika Goku berubah menjadi Super Saiya (超サイヤ人 Supa Saiya-jin) Legenda dan mengalahkan dia.

Sekelompok Android (人造人間 Jinzōningen, "Manusia Buatan") yang dibuat oleh anggota mantan Ribbon Tentara Merah, Dokter Gero, muncul tiga tahun kemudian, mencari balas dendam terhadap Goku. Selama ini, suatu bentuk kehidupan yang jahat disebut sel juga muncul dan, setelah menyerap dua dari Android untuk mencapai nya "bentuk yang sempurna," memegang turnamen pertempuran sendiri untuk menantang protagonis. Setelah Goku mengorbankan hidupnya sendiri tidak berhasil, Gohan membalas ayahnya dengan mengalahkan Cell. Tujuh tahun kemudian, Goku, sebentar dihidupkan kembali untuk satu hari, dan sekutu-sekutunya ditarik ke dalam perang melawan Majin Buu. Setelah berbagai pertempuran, termasuk perusakan dan penciptaan kembali bumi, Goku menghancurkan Boo dengan Genki Dama-(bola energi murni diambil dari semua makhluk cerdas di Bumi) dan keinginan baginya untuk bereinkarnasi sebagai "orang yang baik." Sepuluh tahun kemudian, di lain Tenkaichi Budokai, Goku bertemu reinkarnasi manusia Buu, Uub. Meninggalkan pertandingan mereka belum selesai, Goku berangkat dengan Uub untuk melatih dia untuk menjadi wali bumi.

Z Ball PNG.png Artikel Pilihan
Gokusteppingoutofaspaceship.jpg

Songoku

Goku (孫 悟空, Son Gokū), lahir Kakarot (カカロット, Kakarotto), adalah protagonis utama metaseri Dragon Ball dibuat oleh Akira Toriyama. Dia adalah cucu angkat dari Kakek Songohan, putra dari Bardock dan Gine, suami dari Chi-Chi, ayah dari Songohan dan Songoten, kakek dari Pan, dan kemudian kakek-buyut-buyut Goku Jr. Ceria, berani dan juga sedikit naif, Goku awalnya Bangsa Saiya dibawa ke Bumi sebagai bayi dengan misi untuk menghancurkannya. Namun, kecelakaan mengubah ingatannya, menyebabkan dia tumbuh murni-hati dan kemudian menjadi bek terbesar bumi, serta pemimpin informal Petarung Z. Sepanjang hidupnya, ia melatih keras dan berusaha untuk menjadi prajurit terbesar mungkin, sementara pada saat yang sama menggunakan kekuatan yang luar biasa dan keterampilan untuk menegakkan perdamaian. (Selengkapnya...)

Z Ball PNG.png Afiliasi
Jika Anda ingin menjadi afiliasi dari Dragon Ball Wiki, hubungi aku

Wiki Anime-Manga Berbahasa Indonesia

Wiki-wordmark.png Wiki-wordmark.png Wiki-wordmark.png Wiki-wordmark.png Wiki-wordmark.png Wiki-wordmark.png Wiki-wordmark.png

Z Ball PNG.png Jajak Pendapat
Siapa anggota favorit Anda dari Tentara Berpita Merah?
 
0
 
5
 
0
 
0
 
1
 
0
 
1
 
0
 
1
 
0

Jajak pendapat telah dibuat sejak 07.22 pada 19 September 2015, dan sejauh ini 8 orang memilih.

Z Ball PNG.png Kontribusi
Di wiki ini, kami butuh bantuan Anda untuk mengembangkan tia-tiap halamannya. Jika Anda berminat, buatlah artikel dengan mengisi judul artikel yang akan dibuat di bawah ini.

Z Ball PNG.png Tahukah Kamu?

Around Wikia's network

Random Wiki